#SahabatBaliAirport, pasti sering lihat komponen di ujung sayap pesawat yang biasanya tegak, miring, atau ditekuk ke atas ini kan, ya? Penasaran ga sih sama nama komponen ini?

Komponen yang bernama winglet ini ternyata memegang peranan penting dalam aerodinamika dan kestabilan pesawat saat terbang, lho!
Winglet memiliki fungsi utama untuk mengurangi turbulensi berskala kecil di house sayap yang disebabkan oleh pesawat yang bergerak di udara, atau sering disebut dengan wing-tips vortex. Nah, wing-tip vortex ini kemudian menjadi gaya hambatan yang dapat merugikan pergerakan pesawat di udara, karena mempengaruhi kecepatan, konsumsi bahan bakar, serta jarak tempuh. .

Dengan adanya winglet di ujung sayap, gaya hambatan ini dapat dikurangi, sehingga kinerja pesawat saat terbang dapat optimum. Winglet pun ada banyak macamnya, disesuaikan dari jenis pesawat serta pemutakhiran teknologi dari waktu ke waktu.

Kebayang, kan, komponen sekecil ini ternyata memiliki pengaruh yang sangat besar pada pesawat?

Hayoo, ada yang bisa menebak winglet dari pesawat apa di gambar ini?

#BaliAirportUpdates #BaliAirport #NgurahRaiAirport #Bali #BaliAirport101 #aircraftengineering #avgeek #aviation101 #winglet #aircraftphotography #aircraftparts #airportdiaries #airportlife


Source




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *