Adakah #SahabatBali Airport yang tau nama kendaraan berwarna kuning ini?

Kendaraan yang beroperasi di airside pada saat pengecekan rutin bernama Runway Sweeper. Fungsi dari kendaraan ini adalah untuk membersihkan FOD (Overseas Object Particles) seperti serpihan karet ban, debu, serpihan logam yang berada di Apron, Taxiway dan Runway #BaliAirport.

Petugas yang mengoperasikan kendaraan Runway Sweeper tidak bisa sembarangan lho sahabat. Mereka harus memiliki lisensi pengoperasian yakni Lisensi Personel Bandar Udara yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Tanda Izin Mengemudi yang dikeluarkan oleh Otoritas Bandar Udara dan Sertifikat Coaching yang dikeluarkan oleh perusahaan yang memproduksi kendaraan tersebut. Jadi memang harus petugas yang profesional lho sahabat.

Tahukah sahabat jika serpihan FOD yang kecil saja dapat membahayakan dan mengganggu suatu penerbangan? Oleh karena itu kondisi sisi udara yang bersih dari FOD harus tetap dijaga setiap hari.

#BaliAirportUpdates #BaliAirport #NgurahRaiAirport #NgurahRaiInternationalAirport #Bali #Airportlife #airportdiary #Airportsafety #Airside #FOD #Runway #taxiway #Runwaysweeper #protection #aviation


Source




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *